PINJAMAN ONLINE (PINJOL) DISOROT FIQIH

Pinjaman Online di tengah era digital menjadi tren di masyarakat kekinian. Kemudahan di dalam meminjam uang, hanya bermodalkan foto dengan KTP, membuat banyak orang terlibat tergiur hingga terjerat ke dalamnya. Pinjaman online yang menjanjikan kemudahan (terlebih di era pandemi) dipandang lebih efektif, cepat dan mudah daripada harus bertemu secara langsung di lokasi untuk melakukan transaksi utang piutang. Dalam rilis OJK (Otoritas Jasa Keuangan), hingga 22 Januari 2021 terdapat 148 penyedia jasa pinjol yang sudah legal, antara lain seperti, Danamas, Investree, Amartha, Dompet Kilat, Toko Modal, Uang Teman dan lainnya. 

Namun demikian, sarana modern yang memberikan kemudahan untuk melakukan transaksi pinjaman online pada praktiknya menyisakan banyak problem di masyarakat. Mulai dari praktik ribawi seperti bunga pinjaman yang mencekik, ancaman fisik bagi peminjam yang tidak bisa bayar hutang, acaman penyebaran rahasia pribadi kepada publik melalui sosial sosial media dan lain sebagainya.

Pertanyaan:

Bagaimanakah tinjauan fikih terhadap fenomena pinjaman online tersebut? 

Jawaban

Hukum pinjaman online (Pinjol) sebagaimana dalam deskripsi, dengan menerapkan sistem pengembalian lebih tinggi dari jumlah pinjaman, adalah diperinci sebagai berikut:

1. Bila pengembalian melebihi utang tersebut disepakati di dalam akad, maka hukumnya tidak diperbolehkan dan termasuk kategori riba.

2. Bila kesepakatan tersebut dilakukan di luar akad, maka ulama berbeda pendapat,  menurut sebagian ulama hukumnya MAKRUH dan HARAM menurut mayoritas ulama sebagaimana yang disampaikan Imam Subki.

Meskipun demikian, mengingat tujuan fundamental disyariatkan qardh (utang piutang) adalah memberi kemudahan bukan mengambil keuntungan, sementara pinjaman melalui online kerap terjadi ghurur (penipuan) dan mafsadah (efek negatif), seperti nasabah mendapatkan perlakuan kekerasan dari pihak  debt collector, pembocoran data privasi nasabah, dan lain sebagainya, maka sebaiknya transaksi Pinjol tidak dilakukan.

Oleh karena itu, apabila seseorang benar-benar membutuhkan dana pinjaman, maka dapat ditempuh dengan akad utang piutang melalui perbankan konvensional (seperti KUR) maupun Syariah yang sudah terdaftar resmi dan dalam pengawasan OJK.

Refrensi:

١.  [البكري الدمياطي، إعانة الطالبين على حل ألفاظ فتح المعين، ٦٥/٣]

وأما القرض بشرط جر نفع لمقرض ففاسد، لخبر كل قرض جر منفعة، فهو ربا وجبر ضعفه: مجئ معناه عن جمع من الصحابة.

(قوله: جر نفع لمقرض) أي وحده، أو مع مقترض – كما في النهاية – (قوله: ففاسد) قال ع ش: ومعلوم أن محل الفساد حيث وقع الشرط في صلب العقد. أما لو توافقا على ذلك ولم يقع شرط في العقد، فلا فساد.اه. والحكمة في الفساد أن موضوع القرض: الإرفاق، فإذا شرط فيه لنفسه حقا: خرج عن موضوعه فمنع صحته.


٢. تحفة المحتاج ج٥ص٤٦

(وَلَا يَجُوزُ) قَرْضُ نَقْدٍ أَوْ غَيْرِهِ إنْ اقْتَرَنَ (بِشَرْطِ رَدٍّ صَحِيحٍ عَنْ مُكَسَّرٍ أَوْ) رَدِّ (زِيَادَةٍ) عَلَى الْقَدْرِ الْمُقْرَضِ أَوْ رَدِّ جَيِّدٍ عَنْ رَدِيءٍ أَوْ غَيْرِ ذَلِكَ مِنْ كُلِّ شَرْطٍ جَرَّ مَنْفَعَةً لِلْمُقْرِضِ كَرَدِّهِ بِبَلَدٍ آخَرَ أَوْ رَهْنِهِ بِدَيْنٍ آخَرَ فَإِنْ فَعَلَ فَسَدَ الْعَقْدُ لِخَبَرِ «كُلُّ قَرْضٍ جَرَّ مَنْفَعَةً فَهُوَ رِبًا» وَجَبَرَ ضَعْفَهُ مَجِيءُ مَعْنَاهُ عَنْ جَمْعٍ مِنْ الصَّحَابَةِ وَمِنْهُ الْقَرْضُ لِمَنْ يَسْتَأْجِرُ مِلْكَهُ أَيْ مَثَلًا بِأَكْثَرَ مِنْ قِيمَتِهِ لِأَجْلِ الْقَرْضِ إنْ وَقَعَ ذَلِكَ شَرْطًا إذْ هُوَ حِينَئِذٍ حَرَامٌ إجْمَاعًا وَإِلَّا كُرِهَ عِنْدَنَا وَحَرُمَ عِنْدَ كَثِيرٍ مِنْ الْعُلَمَاءِ قَالَهُ السُّبْكِيُّ.

(وَلَوْ رَدَّ) ، وَقَدْ اقْتَرَضَ لِنَفْسِهِ مِنْ مَالِهِ (هَكَذَا) أَيْ زَائِدًا قَدْرًا أَوْ صِفَةً (بِلَا شَرْطٍ فَحَسَنٌ) وَمِنْ ثَمَّ نُدِبَ ذَلِكَ وَلَمْ يُكْرَهْ لِلْمُقْرِضِ الْأَخْذُ كَقَبُولِ هَدِيَّتِهِ وَلَوْ فِي الرِّبَوِيِّ وَكَذَا كُلُّ مَدِينٍ لِلْخَبَرِ السَّابِقِ وَفِيهِ إنَّ «خِيَارَكُمْ أَحْسَنُكُمْ قَضَاءً» وَلَوْ عَرَفَ الْمُسْتَقْرِضُ بِرَدِّ الزِّيَادَةِ كُرِهَ إقْرَاضُهُ عَلَى أَحَدِ وَجْهَيْنِ وَيَتَّجِهُ تَرْجِيحُهُ إنْ قَصَدَ ذَلِكَ وَظَاهِرُ كَلَامِهِمْ مِلْكُ الزَّائِدِ تَبَعًا وَهُوَ مُتَّجَهٌ خِلَافًا لِبَعْضِهِمْ وَحِينَئِذٍ فَهُوَ هِبَةٌ مَقْبُوضَةٌ فَيَمْتَنِعُ الرُّجُوعُ فِيهِ كَمَا أَفْتَى بِهِ ابْنُ عُجَيْلٍ.

٣. البيان في مذهب الإمام الشافعي جز ٥ صح ٤٦٣

ﻭﻛﺬﻟﻚ: ﻻ ﻳﺠﻮﺯ ﺃﻥ ﻳﻘﺮﺿﻪ ﺷﻴﺌﺎ ﺑﺸﺮﻁ ﺃﻥ ﻳﺮﺩ ﻋﻠﻴﻪ ﺧﻴﺮا ﻣﻨﻪ؛ ﻟﻤﺎ ﺭﻭﻱ: «ﺃﻥ اﻟﻨﺒﻲ – ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ – ﻧﻬﻰ ﻋﻦ ﻗﺮﺽ ﺟﺮ ﻣﻨﻔﻌﺔ» . ﻓﺈﻥ ﺃﻗﺮﺽﻫ ﺷﻴﺌﺎ ﺑﺸﺮﻁ ﺃﻥ ﻳﺮﺩ ﻋﻠﻴﻪ ﺃﻛﺜﺮ ﻣﻨﻪ.. ﻧﻈﺮﺕ: ﻓﺈﻥ ﻛﺎﻥ ﺫﻟﻚ ﻣﻦ ﺃﻣﻮاﻝ اﻟﺮﺑﺎ، ﺑﺄﻥ ﺃﻗﺮﺿﻪ ﺩﺭﻫﻤﺎ، ﺑﺸﺮﻁ ﺃﻥ ﻳﺮﺩ ﻋﻠﻴﻪ ﺩﺭﻫﻤﻴﻦ، ﺃﻭ ﺃﻗﺮﺿﻪ ﺫﻫﺐ ﻃﻌﺎﻡ ﺑﺸﺮﻁ ﺃﻥ ﻳﺮﺩ ﻋﻠﻴﻪ ﺫﻫﺒﻲ ﻃﻌﺎﻡ.. ﻟﻢ ﻳﺠﺰ؛ ﻟﻤﺎ ﺭﻭﻱ: ﺃﻥ اﻟﻨﺒﻲ – ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ – ﻗﺎﻝ: «ﻛﻞ ﻗﺮﺽ ﺟﺮ ﻣﻨﻔﻌﺔ.. ﻓﻬﻮ ﺣﺮاﻡ» ، ﻭﻷﻥ ﻫﺬا ﺭﺑﺎ، ﻓﻠﻢ ﻳﺠﺰ، ﻛﺎﻟﺒﻴﻊ.

٤. الأشباة والنظائر للسيوطي صح ٩٦

 اﻟﻤﺒﺤﺚ اﻟﺜﺎﻟﺚ اﻟﻌﺎﺩﺓ اﻟﻤﻄﺮﺩﺓ ﻓﻲ ﻧﺎﺣﻴﺔ، ﻫﻞ ﺗﻨﺰﻝ ﻋﺎﺩﺗﻬﻢ ﻣﻨﺰﻟﺔ اﻟﺸﺮﻁ، ﻓﻴﻪ ﺻﻮﺭ. ﻣﻨﻬﺎ: ﻟﻮ ﺟﺮﺕ ﻋﺎﺩﺓ ﻗﻮﻡ ﺑﻘﻄﻊ اﻟﺤﺼﺮﻡ ﻗﺒﻞ اﻟﻨﻀﺞ، ﻓﻬﻞ ﺗﻨﺰﻝ ﻋﺎﺩﺗﻬﻢ ﻣﻨﺰﻟﺔ اﻟﺸﺮﻁ ﺣﺘﻰ ﻳﺼﺢ ﺑﻴﻌﻪ ﻣﻦ ﻏﻴﺮ ﺷﺮﻁ اﻟﻘﻄﻊ. ﻭﺟﻬﺎﻥ، ﺃﺻﺤﻬﻤﺎ: ﻻ ﻭﻗﺎﻝ اﻟﻘﻔﺎﻝ: ﻧﻌﻢ.

ﻭﻣﻨﻬﺎ: ﻟﻮ ﻋﻢ ﻓﻲ اﻟﻨﺎﺱ اﻋﺘﻴﺎﺩ ﺇﺑﺎﺣﺔ ﻣﻨﺎﻓﻊ اﻟﺮﻫﻦ ﻟﻠﻤﺮﺗﻬﻦ ﻓﻬﻞ ﻳﻨﺰﻝ ﻣﻨﺰﻟﺔ ﺷﺮﻃﻪ ﺣﺘﻰ ﻳﻔﺴﺪ اﻟﺮﻫﻦ، ﻗﺎﻝ اﻟﺠﻤﻬﻮﺭ: ﻻ، ﻭﻗﺎﻝ اﻟﻘﻔﺎﻝ: ﻧﻌﻢ. ﻭﻣﻨﻬﺎ: ﻟﻮ ﺟﺮﺕ ﻋﺎﺩﺓ اﻟﻤﻘﺘﺮﺽ ﺑﺮﺩ ﺃﺯﻳﺪ ﻣﻤﺎ اﻗﺘﺮﺽ، ﻓﻬﻞ ﻳﻨﺰﻝ ﻣﻨﺰﻟﺔ اﻟﺸﺮﻁ، ﻓﻴﺤﺮﻡ ﺇﻗﺮاﺿﻪ ﻭﺟﻬﺎﻥ، ﺃﺻﺤﻬﻤﺎ: ﻻ.

Kontributor:
1. Gus Ahmad Zaeni (PP. Assunniyyah Kencong Jember, Jawa Timur)
2. Gus Ahmad Suhadi (PP. An-Nidzom, Panjalu Sukabumi, Jawa Barat)
3. Gus Agus Wedi (PP. Al Hamidy Banyuanyar Pamekasan, Madura)
4. Gus M Hisman Abdurrohman (PP. Nurul Hisan Sagaranten Sukabumi, Jawa Barat)
5. Gus Farid Fauzi ( PP. Hidayatul Mubtadi-ien Ngunut Tulungagung, Jawa Timur)
6. Gus Ahmad Nur Hadi (PP. Darul Hikam Berbek Sidoarjo, Jawa Timur)
7. Gus Abdullah Amin Nafi’ (PP. Tarbiyatun Nasyi’in Pacul Gowang, Jombang Jawa Timur)
8. Gus Ahmadi Abdul Halim (PP.  PP. Raudlatul Muttaqien Pakong Modung Bangkalan Madura)
9. Kyai Farid Nu’man, S. S (PP. Subulun Najah Mekar Sari Depok)
10. Kyai Muhammad Shodiq (PP. Hidayatut Thullab Kamulan Trengalek Jawa Timur)
11. Gus Ibrahim Al-Farisi (PP. Al-Hikmah Darussalam Durjan Kokop Bangkalan Madura)
12. Gus Abu Khiyar (PP. Ihyaul Ulum, Babat, Lamongan, Jawa Timur)
13. Gus Kholil Abdulkarim (PP. Alfatah Temboro Magetan, Jawa Timur)
14. Gus M. Khamim (PP. Al Masyhad, Sampangan Pekalongan, Jawa Tengah)
15. Kyai Rasyid (PP. Alhamdulillah, Rembang, Jawa Tengah)
16. Dr. KH. Rachmat Morado Sugiarto, Lc., M.A. (S1 Al Azhar S2 Moulay Ismail Maroko S3 Ibn Khaldun Bogor)
17. Gus Islahudin (PP. MGS Sarang Jawa Tengah)
18. Gus Abd. Shomad (PP. Sidogiri Pasuruan Jawa Timur)
19.  Gus Ahmadun Ahmad (PP. API Tegalrejo Magelang Jawa Tengah)

Notulen:
Ust. Fuad Munir, S. Pd. I (PP. Lirboyo Kediri)

Moderator:
Ust. Muhammad Ansori (PP. Lirboyo Kediri)

Tim Ahli:
1. Kyai Khotimi Bahri  (Anggota Komisi MUI Kota Bogor)
2. Kyai Muhammad Ansori (PP. Lirboyo Kediri)
3. Kyai M. Izzuddin (PP. MUS Sarang Rembang, Jawa Tengah)
3. Kyai Abdul Latif (PP. Lirboyo Kediri,  Jawa Timur)
4. Kyai Abdul Wafi Muhaimin (PP. Bata-Bata dan PP. Nurul Jadid Paiton, Jember Jawa Timur)
5. Kyai Ahmad Suhaimi (Ma’had Islami Salafi Darut Tauhid Ulumuddin Pamekasan Madura)
6. Kyai Misbah Al Farisiy (PP. Al Anwar Sarang)
7. Kyai Zainal Musthofa (PP. Lirboyo Kediri Jawa Timur)

Perumus:
1. KH. Zahro Wardi (Pengasuh PP Darussalam Sumberingin-Trenggalek-Jatim) aktif sebagai perumus di PW LBMNU Jatim, Perumus FMPP Jawa Madura dan Komisi Fatwa MUI Jatim.
2. Kyai Mulyono Taufiq, S. Pd. I (PP. Hidayatut Thulab, Kamulan, Trengalek Jawa Timur) Wakil BKNU PWNU Jawa Timur
3. KH. Ma’ruf Khozin (Ketua Komisi Fatwa MUI Jawa Timur)

Dewan Mushohih:
1. KH. Cholil Nafis, Lc, Ph. D (Ketua Komisi Fatwa MUI Pusat)
2. Dr. KH. Hamdan Rasyid (PP. Lirboyo Kediri) Pengasuh PP. Baitul Hikmah Kota Depok Jawa Barat, dan aktif sebagai anggota Komisi Fatwa MUI Pusat

Forum Diskusi Online ini merupakan salah satu program Kajian Agama Yayasan Islam Darul Khair Wal Barakah Kota Depok.

PENTING!
Dokumen ini dilindungi oleh UU Hak Cipta.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan